RSS

Koneksi Antar Materi - Modul 1.4 Budaya Positif

Modul pertama dari Program Pendidikan Guru Penggerak ini terdiri dari 4 (empat) modul yang menjadi dasar dan sangat penting dalam mengubah paradigma pendidikan seorang guru. 

Dalam materi mengenai filosofi Ki Hajar Dewantara, sekolah menjadi tempat persemaian benih, yaitu para murid, dimana guru menjadi petani yang harus memastikan agar media tanam, dalam hal ini sekolah, menjadi tempat yang nyaman, aman, dan mampu menjadi tempat bagi penebalan potensi mereka. Selain itu, guru juga harus mampu menuntun murid, menjadi among bagi mereka, menuntun murid sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, sesuai dengan latar belakangnya, sesuai dengan fase pertumbuhannya. 

Untuk menciptakan sekolah yang nyaman dan aman, serta sesuai dengan perkembangan murid, maka diperlukan suasana yang positif, dengan budaya yang positif. Hal ini penting, karena dengan suasana yang kondusif dan positif, murid akan lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan oleh guru. Dan lingkungan positif ini hanya akan terjadi, jika pembelajaran yang dilakukan, sudah berpihak pada murid. Oleh karena itu, penguatan budaya positif ini sangat penting, dengan dukungan guru yang memegang nilai-nilai baik dari guru penggerak, yaitu berpihak pada murid, inovatif, reflektif, mandiri, dan kolaboratif. 

Budaya positif merupakan nilai-nilai atau keyakinan yang terbentuk dalam jangka waktu yang lama dan terlihat dari sikap keseharian seluruh aset yang dimiliki sekolah dan berpihak pada murid. Disinilah pentingnya peran guru sebagai pemimpin pembelajaran dan pemimpin murid (Student agency).

Penerapan budaya positif memang bukan hal yang mudah, namun memerlukan perencanaan yang matang, salah satunya dengan membuat prakarsa-prakarsa perubahan melalui pendekatan ATAP (Aset Tantangan Aksi Pembelajaran) dan BAGJA (Buat pertanyaan-Ambil pelajaran-Gali mimpi-Jabarkan rencana-Atur)

Salah satu prakarsa perubahan yang saya rancang adalah penerapan kelas yang menyenangkan, yang berpihak pada murid, karena dengan situasi kelas yang kondusif, mengikuti kodrat zaman dan kodrat alam murid, maka murid akan lebih mudah menyerap materi pembelajaran. 





RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF 


Judul Modul : 1.4 Budaya Positif

Nama CGP   : Mira Sartika

1. Latar Belakang

Budaya positif diperlukan untuk dapat memastikan agar kelas nyaman, aman, dan menyenangkan. Hal ini penting, karena dapat mendorong terserapnya materi pembelajaran dengan baik.

Guru sebagai among, berperan untuk menyediakan media (kelas) yang baik, agar murid dapat berkembang sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya, sehingga terwujud proses pembelajaran yang berpihak pada murid. 


2. Tujuan Pembelajaran

a. Menciptakan kelas yang kondusif dan menyenangkan.

b. Menumbuhkan kesadaran dan kontrol diri murid, untuk menciptakan motivasi intrinsik dalam mencapai pembentukan profil pelajar Pancasila.


3. Indikator Keberhasilan

a. Murid mengikuti kelas dari awal hingga akhir

b. Murid memahami pembelajaran yang diberikan dan mampu menjelaskan kembali materi sesuai dengan kebutuhan

c. Murid melakukan refleksi yang positif

d. Terciptanya suasana kelas yang aman, nyaman, dan menyenangkan.


4. Linimasa tindakan yang akan dilakukan 

a. Menyusun rencana langkah kegiatan pembelajaran dalam bentuk RPP

b. Melakukan diseminasi budaya positif kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat

c. Menentukan jadwal pelaksanaan


5. Pelaksanaan

a. Menjelaskan tentang langkah kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

b. Melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, dari mulai apersepsi, ice breaking, hingga selesai.

c. Guru mengontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran.


6. Evaluasi

a. Melakukan evaluasi pelaksanaan dan refleksi tindakan yang telah dilakukan. 

b. Meminta saran dan masukan kepada Kepala Sekolah, Rekan Sejawat, orang tua murid terkait perilaku setelah pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan.


7. Dukungan yang dibutuhkan

a. Peralatan/Media Ice Breaking dan pembelajaran

b. Kepala Sekolah dan rekan sejawat sebagai teladan bagi murid.

c. Murid sebagai pelaksana pembelajaran










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar